Kebijakan Jurnal

Fokus dan Ruang Lingkup

Igya ser hanjop adalah jurnal yang menyediakan sumber informasi ilmiah yang ditujukan untuk peneliti, lembaga penelitian, instansi pemerintah, dan pemangku kepentingan. Jurnal ini menerbitkan manuskrip penelitian asli yang berfokus pada hasil penelitian tentang semua aspek pembangunan berkelanjutan.


Proses Review

Igya ser hanjop menggunakan sistem pengajuan dan review naskah secara online. Pengajuan dan review untuk setiap naskah harus dikelola menggunakan sistem ini dan berdasarkan pada Kebijakan Review.

  • Redaksi Igya ser hanjop bertanggung jawab terhadap seleksi naskah dan seleksi mitra bestari.
  • Naskah akan direview oleh setidaknya dua mitra bebestari.
  • Mitra bestari tidak mengetahui identitas penulis, begitu juga dengan penulis (double blind review).
  • Proses review akan mempertimbangkan aspek kebaruan, objektivitas, metode, dampak ilmiah, simpulan, dan referensi.
  • Editor akan mengirimkan keputusan akhir terkait pengajuan naskah kepada penulis berdasarkan rekomendasi mitra bestari.
  • Redaksi Igya ser hanjop akan melindungi kerahasiaan semua materi yang diserahkan ke jurnal dan semua komunikasi dengan mitra bestari.

Frekuensi Publikasi

Igya ser hanjop terbit dua kali dalam satu tahun secara online pada bulan Juni dan Desember. Setiap edisi memuat 6 artikel.


Kebijakan Akses Terbuka

Igya ser hanjop menyediakan akses terbuka langsung ke kontennya dengan prinsip untuk membuat hasil-hasil penelitian dapat tersedia secara gratis kepada publik guna mendukung pertukaran pengetahuan global.


Biaya Pemrosesan Naskah

Setiap naskah yang diajukan ke Igya ser hanjop tidak akan dikenakan 'Biaya Pemrosesan Naskah', yang termasuk pengajuan, review, edit, penerbitan, pengelolaan, dan pengarsipan serta memungkinkan akses langsung untuk versi lengkap naskah.


Cek Plagiarisme

Redaksi Igya ser hanjop akan memastikan bahwa setiap naskah terbit tidak akan melebihi 30% dari skor kesamaan. Penyaringan plagiarisme akan dilakukan oleh redaksi.


Manajemen Referensi

Setiap naskah yang diajukan ke Igya ser hanjop harus menggunakan software manajemen referensi Mendeley.

Informasi lebih lanjut mengenai Mendeley, silakan kunjungi: https://www.mendeley.com/